header-photo

Mencicipi Microsoft Excel 2007

Aug 9th, 2007 by Penuliskita

Microsoft Excel 2007Excel 2007 kini lebih mumpuni dan makin berisi. Fitur diagramnya diperkaya dengan sederet font baru, background dan tampilan yang lebih bersih. Perangkat lunak ini memiliki cara baru dalam memvisualisasikan chart dan graph.
Sebuah worksheet kini mampu menampung satu juta baris dan 16.000 kolom. Aplikasi ini juga cerdas berkat dibekali dengan fasilitas “Structure Referencing” sehingga Anda bisa memilih sel manapun di dalam table data, selanjutnya mengklik icon Table dari Ribbon. Dalam sekejap, terbentuklah fable format penuh, lengkap dengan efek berbayang pada baris dan kolom yang bisa Anda atur lebih rinci di layout Gallery. Lebih dari itu, setiap kolom sudah tersedia label untuk referensi silang dari sel yang lain. Jika Anda menambahkan kolom ke table itu dan mulai memasukkan data, label-label ini tersedia dalam daftar yang menggulung ke bawah. Sehingga Anda bisa membuat formula dengan lebih singkat, tanpa perlu alamat sel.


Excel akhirnya dibekali fasilitas untuk menampilkan Page Layout secara aktif menggantikan Print Preview. Di fasilitas ini, Anda bisa mengerjakan spreadsheet sambil melihat bagaimana layout dan data akan tampil pada halaman tercetak. Mistar di layar atas dan sisinya memamerkan nomor baris dan kolom yang melengkapi pengukuran metrik.

Di dalam antarmuka Ribbon terdapat tab Formulas berikut daftar fungsi-fungsi yang kerap dipakai. Tombol Name sebagai pelacak range dan sebuah panel Formula Auditing yang kerap tampil guna membantu menuntaskan masalah. Selain sederet penyempurnaan ini, fasilitas pengatur tampilan spreadsheet kini berada di status bar dari pengecil spreadsheet sebagai pengganti fasilitas zoom yang memakai presentase seperti pada versi sebelumnya.

Diagram pada Excel kini makin kaya background dan tampilannya kian bersih. Engine diagram ini dimanfaatkan di seluruh rombongon aplikasi Office 2007. Excel gres ini dipersenjatai tool yang mampu mengarahkan worksheet masuk ke dashboard. Hal ini terwujud dengan tanda panah ke atas, bawah dan samping yang berwarna merah, kuning dan hijau, mirip traffic light. Semisal, sepertiga dibawahnya hijau dan sisanya kuning, agar lebih gampang membedakan.

Menu Conditional Format bisa mewarnai table data secara otomatis sehingga angka-angka besar dan kecil gampang dikenali. Pilihan format yang lain adalah “data bars” setiap sel diberikan bar horizontal dengan warna tertentu yang mewakili nomor tertentu.

Pivot Table sekarang lebih mudah dikelola dengan antarmuka fungsi baru di sebelah kanan jendela kerja. Anda bisa memilih field untuk mengelola data dan menumpuk field terpisah sesuai urutan yang diinginkan. Fungsi-fungsi pembuat diagram juga ditempatkan dalam satu bar tersendiri, lengkap dengan fasilitas label dan pengelompokan.

0 komentar:

Posting Komentar